MUFFIN TAPE KEJU


Bikin muffin tuh  menyenangkan...cepat, mudah dan pastinya enak. No need to mixer lho. Muffin juga gampang dikreasikan sesuai selera. Mau yang manis, full coklat atau yang gurih. Kali ini saya memadukan tape dengan keju, cocok kan..serasa makan cake tape keju hihihi.

MUFFIN TAPE KEJU

Bahan:
200 gr tepung terigu all purpouse
125 gr gula kastor (gula halus)
100 gr margarin, lelehkan
1 sdm baking powder
1/2 sdt baking soda
1 butir telur kocok lepas
150 ml susu cair
50 gr tape
50 gr keju cheddar parut (bisa juga dipotong dadu untuk isiannya)
1/2 sdt esens vanilla

Cara:
Ayak terigu bersama baking powder dan baking soda kemudian campurkan dengan gula halus, aduk hingga rata, sisihkan
Dalam wadah lain campur bahan basah, margarin leleh, esens vanila,tape,sebagian keju parut, telur dan susu cair, aduk hingga rata.
Tuang ke dalam campuran terigu.
Aduk rata dengan spatula dalam beberapa adukan saja, adonan akan tetap bergerindil dan menyerupai lumpur. (jangan overmix ya, cukup hingga adonan kering menjadi basah aja)
Tuang ke dalam cup muffin hingga 1/2 penuh, (jangan terlalu penuh karna adonan bisa meleber), taburi atasnya dengan keju parut
Oven selama kurleb 20-30 menit. Gunakan api besar pada menit-menit awal, setelah adonan tampak naik ke atas, turunkan suhunya dan teruskan memanggang hingga matang

Mudah dan cepat kan. Yang paling penting bagiku..no need to mixer hehehe. Kunci pembuatan muffin ada pada pengadukannya, jangan sampai overmix, cukup aduk balik hingga adonan menjadi basah seluruhnya, sehingga menghasilkan muffin yang lembut. Perlu diperhatikan juga saat menuang adonan ke paper cup atau cup muffin, kalau terlalu penuh adonan akan meleber keluar, gak menul-menul deh jadinya, jadi cukup tuang 1/2 bagian aja ya. Yuks...bikin muffin :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DARK CHOCO CHIFFON CAKE

PUMPKIN BUN (ROTI LABU)

SUP MERAH