BOLU KARAMEL/SARANG SEMUT

Photo


Bolu karamel ini seh udah gak asing karna dulu kakak aq sering bikin,tapi ya gitu kadang gak bersarang, terus pas aq dah kenal cookpad,aq cari2 resep bolu karamel yang bersarang,nemplok di resepnya mba Rose Shanty, cocok banget pake resep ini, 2x bikin selalu sukses bersarang, dan kenyalnya dapat banget, manisnya juga pas menurut lidah keluarga aq,, pas aq kasih tw resep ini ke kakak aq, Alhamdulillah berhasil juga bersarang dan kenyal, jadi sekarang kakak aq selalu pake resep ini buat bakulan dia, disini saya tulis setengah resep ya moms,karena saya selalu bikin setengah resep karna loyangnya cukup buat setengah resep,hehee.. oke moms yuukkk ke dapur....

Bahan-Bahan :
250 gram gula pasir
250 ml air panas
3 butir telur
100 ml SKM putih
75 gram tepung terigu
75 gram tepung tapioka/sagu
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt vanili bubuk
100 gram margarin,lelehkan

Langkah :
  1. Buat Karamel:Panaskan gula pasir di ats wajan dg api kecil,tunggu hingga gula larut,lalu masukan air panas sedikit demi sedikit sambil di aduk2 hingga gula dan air tercampur rata,sisihkan.
  2. Lelehkan margarin lalu sisihkan.
  3. Dalam wadah campur telur dan SKM,aduk menggunakan whisk sampe rata.
  4. Masukan terigu,baking powder,soda kue dan vanili bubuk yg sudah di ayak terlebih dahulu,sepertiga bagian dulu,aduk hingga rata.
  5. Tuang karamel sedikit demi sedikit lalu aduk rata,dan masukan lg sisa terigu aduk hingga rata,lakukan secara bertahap.
  6. Terakhir masukan maragarin leleh,aduk rata.Hasil akhir adonan encer ya moms
  7. Tuang ke dalam loyang tulban ukuran 20 yg sudah di oles margarin dan taburan terigu lalu siap di panggang.
  8. Panggang dalam oven yg sudah di panaskan terlebih dahulu dg suhu 180 dercel sekitar 60 menit,lakukan tes tusuk,kl lidi udh kalis tandany udah matang,angkat tunggu dingin baru keluarkan dr loyang.
  9. Fresh from the oven...
  10. Alhamdulillah bersarang cantik...
  11. Happy Baking moms...
Photo

Photo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DARK CHOCO CHIFFON CAKE

PUMPKIN BUN (ROTI LABU)

SUP MERAH